Menjaga Anak-Anak Anda Aman Dari Masalah Online

Tampaknya semakin maju teknologi online, semakin banyak tipenya di internet. Mungkin sulit untuk dipercaya, tetapi ada orang yang menghabiskan waktu mereka memimpikan cara untuk meretas komputer orang asing untuk menggesek identitas mereka dan hanya membuat kekacauan dengan file mereka. Apa yang lebih mengesalkan, adalah bahwa banyak kali para pengacau ini membidik anak-anak dan itu bukan akun mereka yang mereka cari untuk korup, tetapi anak-anak itu sendiri.

Apa yang sebenarnya dilakukan pemangsa online?

Pada dasarnya, predator online mencakup ruang obrolan internet, papan pesan, email, dan pesan instan untuk menemukan anak-anak yang rentan. Ketika mereka menemukan target yang mungkin, mereka akan menghubungi mereka dan melakukan apa pun untuk menarik perhatian mereka dan mendapatkan kepercayaan mereka. Misalnya, mereka akan mencari tahu hobi anak-anak, jenis musik yang mereka sukai, dan mereka menyatakan minat pada masalah anak-anak di rumah dan di sekolah. Kemudian begitu mereka telah membentuk ikatan yang relatif kuat, mereka akan mengubah sifat percakapan. Topik percakapan yang aman dan duniawi pada akhirnya akan menjadi lebih intim dan bersifat seksual.

Sebagai orang tua, bagaimana Anda bisa melindungi anak-anak Anda ketika mereka sedang online?

Saran paling mudah yang bisa kami berikan adalah memantau penggunaan komputer anak-anak Anda kapan pun memungkinkan. Kami tahu bahwa tidak mungkin mengawasi anak Anda 24/7, jadi berikut beberapa kiat tambahan:

-Beri anak-anak Anda terlebih dahulu tentang bahaya pemangsa online. Teruslah berdialog dan dorong seluruh keluarga Anda untuk mengajukan pertanyaan tentang keamanan online.
-Jauhkan komputer di area umum daripada di kamar pribadi anak Anda.
-Ketika anak Anda sedang online, duduklah di sebelah mereka dan perhatikan apa yang mereka lakukan. Jika ada situs web atau email yang terlihat mencurigakan, alihkan perhatian mereka atau hapus pesan bersama-sama.
-Beri anak-anak Anda untuk tidak menanggapi email atau pesan instan yang berasal dari orang asing.
-Sampai anak-anak Anda sudah cukup besar untuk benar-benar memahami bahaya yang ada secara online, jangan biarkan mereka berpartisipasi di ruang obrolan atau forum diskusi.
-Licewise, sampai anak-anak cukup umur, minta mereka menggunakan email keluarga yang mudah Anda pantau.

Selain kiat-kiat ini, ada alat daring yang akan membantu Anda menjaga anak-anak Anda tetap aman saat online. Untuk menemukan alat ini, periksa Penyedia Layanan Internet Anda (juga disebut ISP), yang sering menawarkan perangkat keamanan secara gratis. Selanjutnya, cobalah toko komputer lokal Anda dan tanyakan tentang jenis perangkat lunak yang mereka miliki yang akan memblokir dan memfilter pesan dan situs web yang tidak diinginkan. Dan juga periksa browser web Anda, yang mungkin memiliki kontrol orang tua yang dapat Anda aktifkan dan nonaktifkan secara manual.

Sayangnya, bahkan jika Anda telah melakukan segala yang bisa dibayangkan untuk melindungi anak-anak Anda dari masalah online, terkadang pemangsa akan lolos dari celah. Jika ini terjadi, jangan menyalahkan diri sendiri atau anak Anda. Tarik napas dalam-dalam dan dekati masalah dengan level dan kepala logis.

Beberapa tanda peringatan yang harus diperhatikan termasuk:
-Anak Anda dapat menghabiskan waktu online dengan jumlah gila.
-Anda tiba-tiba mengeluarkan panggilan telepon dari orang asing yang meminta untuk berbicara dengan anak Anda, atau anak Anda tiba-tiba menerima paket dalam surat dari orang asing.
-Pornografi muncul di komputer keluarga.
-Anda perhatikan bahwa anak Anda menarik diri dari kegiatannya yang biasa.
-Anda mengetahui bahwa anak Anda menggunakan akun online orang lain.

Akhirnya, ada banyak layanan membantu di internet jika anak-anak Anda akhirnya mengalami kesulitan online. Saran terbaik adalah menangani masalah secara langsung dan sesegera mungkin.